Menata-mata Kick My Web!
Menata-mata. Diberdayakan oleh Blogger.

About me

Foto Saya
ollay
hallo, mari bangun, dan menata mata..
Lihat profil lengkapku

Blog

Rabu, 18 Juli 2012

Lipstik Lipsing Intimate Showcase: Musik, Alam dan Teman.

Mengkombinasikan musik dengan alam adalah konsep yang sebenarnya sangat menarik dan mulai dilirik oleh banyak band. Kita tentu ingat Sigur Ros memberi persembahan kepada penggemar di negerinya dan diabadikan lewat film dokumenter yang sangat influental berjudul Heima (2004), hingga showcase beberapa band Bandung di hutan kota yang baru-baru ini digagas oleh penggiat kreatif di kota tersebut. Semuanya mendapatkan sukses dari segi artistik dan tingkat kepuasan audience, setidaknya itulah yang dapat disimpulkan melalui hasil dokumentasi yang saya lihat. Sementara itu, dari Semarang, Lipstik Lipsing juga berhasil mengamalkannya dengan sempurna pada hari Minggu sore lalu (15/7) di Tinjomoyo, Semarang.
Disajikan dibawah Jembatan Tinjomoyo dan di pinggir sungai berlatar belakang pepohonan serta capung-capung yang terbang, Lipstik Lipsing mencoba untuk memfusi musik dengan alam. Penonton bebas memilih tempatnya untuk duduk, entah itu diatas sebuah batu yang besar atau di semak-semak liar yang sudah menguning. Ingin melihat perform dengan latar belakang pepohonan, sungai atau jembatan yang disinari matahari sore. Silahkan pilih. Tanpa stage mereka benar-benar menyatu dengan alam dan penonton, tanpa batasan. Bahkan ketika band yang sudah menelurkan mini album Room For Outside ini sedang soundcheck, penonton tak diliputi kebosanan karena sajian citra yang sangat menarik dengan matahari yang sinarnya sedang bersahabat.

Meskipun Lipstik Lipsing tidak membawa salah satu keyboardisnya yang berhalangan hadir, tapi mereka dibantu oleh Adiyat Jati dari OK Karaoke yang mengisi glockenspiel dan Panji di posisi biola. Bantuan dari dua orang ini cukup membuat suara semakin berwarna. Sekitar pukul empat sore, mereka memulai show ini. Entah kenapa gabungan antara view pepohonan, sungai dan cover version dari The Radio Dept. berjudul  “1995” membawa suasana kembali ke masa lalu. Dilanjutkan dengan “Puertorico” yang dibawakan dengan sedikit syahdu. “Where’d you go, take me go to..”
Yang selalu saya sukai dari menonton perform band yang memiliki pianis baru ini adalah improvisasi yang kadang berbeda. Beberapa teman mengomentari perform Lipstik Lipsing yang katanya “begitu-begitu saja”, tapi (setidaknya menurut saya pribadi) sebenarnya mereka sangat istimewa. Bukan perform panggung yang membedakannya, tapi komposisi lagu yang mereka bawakan. Terkadang bisa kau temukan “Early Express” yang sedikit bersemangat, tapi di lain waktu kau dapat menemukan “Early Express” lain yang mendadak sangat gloomy dan sendu.

Selain membawakan hampir seluruh lagu di mini album Room For Outside (kecuali track instrumental If Only We Could Choose Our Own Happiness), mereka juga membawakan cover version dari The Radio Dept. dan Death Cab For Cutie serta beberapa track baru yang mungkin akan ada di album terbaru mereka. Sebuah lagu baru bernuansa trip-hop yang sempat dibawakan di perform mereka sebelumnya juga mereka mainkan dengan sempurna.
Sekitar jam lima sore, api unggun mulai dihidupkan. Meskipun kurang cocok, namun nampaknya mereka ingin membuat suasana menjadi lebih hangat dan intim. Sementara itu di ufuk barat matahari mulai tenggelam dan memunculkan warna emasnya. Lagu Young and Brittle menemani Sunset yang sedikit tertelan oleh pemandangan jembatan. Sempurna.

Jam setengah enam showcase berakhir. Empunya acara meminta kepada penonton dan seluruh elemen yang ikut membantu untuk berfoto bersama. Dan acara berakhir dengan hangat. Kombinasi musik, alam dan teman membuat sore itu menjadi sendu namun sangat menyenangkan. Bisa dibilang ini merupakan salah satu gig terbaik yang pernah kami sambangi. Kami pulang dengan senyum terkembang dan membawa pengalaman yang tak terlupakan.
Akhir kata, Selamat dan Sukses kepada Lipstik Lipsing dan teman-teman.



 17/07/2012 01.05 am
*tulisan ini juga dapat kalian baca di http://musicsemarang.com/lipstik-lipsing-intimate-showcase-musik-alam-dan-teman/1382

0 komentar:

Posting Komentar


Menata-mata © 2011