Menata-mata Kick My Web!
Menata-mata. Diberdayakan oleh Blogger.

About me

Foto Saya
ollay
hallo, mari bangun, dan menata mata..
Lihat profil lengkapku

Blog

Selasa, 08 Mei 2012

Epic Symphony

Saya selalu mengorelasikan musik dengan kehidupan. Bukan sok berat atau filosofis, tapi sudah menjadi hal yang umum jika musik itu sendiri menjadi bagian dari keseharian, merasuk dalam setiap kegiatan, bahkan menjadi mediator sebuah kenangan. Sebut saya melankolis ataupun platonis, sebagai bayarannya, saya akan menghakimimu sebagai orang yang mempunyai kehidupan statis!
Sekarang saya ingin bercerita tentang sebuah album berjudul Ephic Symphony dari band electropop Bandung, Homogenic. Ini bukan review, sekedar menceritakan seberapa ikonik album ini dalam perjalanan saya beberapa waktu terakhir. Mudahnya, saya mengibaratkan album ini sebagai musik magis yang mengantar perjalanan pulang di malam hari yang hujan. 


Bayangkan kau dalam vakansimu untuk menangkap landscape. Kau sudah mencapai ketenangan batin yang maksimal, lalu berniat menuju tempat termanismu kali ini, penginapan. Di perjalanan, mendadak hujan mengguyur. Dalam lelah yang hampir memuncak, kau harus mengendalikan kemudi dengan perlahan. Menerobos tangisan alam, mengacuhkan pohon-pohon menyeramkan di tepian, menyusur jalan sepi dan gelap. Kau bisa bilang ini kontradiksi, pikiranmu sudah sangat segar, tapi kondisi badan dalam tingkat paling datar. Beruntung, kau bersama teman terbaikmu, dia yang selalu bertanya “are you okay?”, sekedar memastikan bahwa kau tak terkantuk. Lalu hujan berhenti, menyisakan kabut mengambang dan dingin yang menusuk tulang. Kemudian kau putuskan untuk berhenti sejenak, melihat eloknya bintang untuk sekedar berkata “WOW”, karena kadang kita terlalu khilaf untuk mengucap syukur.
Saya memang melukis peta kehidupan lewat kuas-kuas bernama perjalanan dan cat bernama teman. Tapi pada akhirnya kondisi yang memorable serta tak mungkin terulang tersebut hanya menyisakan lukisan kenangan. Sebuah lukisan yang hanya bisa dipandang dan dirasakan lagi dalam hati. Ya lukisan semu tersebut berbentuk lagu-lagu.


Semarang, 08-05-12
04.32 am. With Epic Symphony on repeat.

0 komentar:

Posting Komentar


Menata-mata © 2011